top of page

Bahaya Air Kotor Bagi Kesehatan Tubuh!



Air merupakan sumber kehidupan yang paling esensial bagi semua makhluk hidup, termasuk manusia. Oleh karena itu, menjaga kualitas air sangatlah krusial. Sayangnya, banyak sumber air bersih yang mulai terkontaminasi karena aktivitas manusia.


Berbagai faktor dapat menyebabkan pencemaran air, seperti pembuangan sampah sembarangan, penggunaan deterjen, limbah pabrik yang dibuang langsung ke sungai atau laut, tumpahan minyak di lautan, dan masih banyak lagi. Pencemaran ini tidak hanya berdampak pada lingkungan, tetapi juga berpotensi mengancam kesehatan manusia. Air yang tercemar membawa berbagai penyakit dan bakteri yang dapat berbahaya jika masuk ke dalam tubuh.

Mengonsumsi atau menggunakan air yang tercemar dapat menyebabkan dampak negatif pada kesehatan tubuh.


Bakteri yang terbawa oleh air dapat menyebabkan beberapa penyakit berikut:


Diare

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri dan parasit yang terbawa oleh makanan atau minuman yang terkontaminasi. Gejalanya termasuk feses encer dan cair.


Kolera

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Vibrio cholerae yang sering terdapat di air atau makanan yang terkontaminasi oleh feses. Gejalanya meliputi kram perut, muntah, dan sakit kepala.


Hepatitis A

Penyakit ini menyerang hati manusia dan dapat ditularkan melalui air atau makanan yang terkontaminasi oleh feses. Gejalanya termasuk keracunan makanan, mual, dan kelelahan.


Disentri

Penyakit ini menyebabkan demam, muntah, sakit perut, dan diare parah. Biasanya disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam tubuh melalui air atau makanan yang tercemar.


Trachoma

Infeksi mata ini disebabkan oleh virus atau bakteri yang terbawa oleh air yang terkontaminasi. Gejalanya meliputi gatal, nyeri pada mata, sensitivitas terhadap cahaya, bengkak pada kelopak mata, dan keluarnya cairan nanah atau mukus dari mata.


Penting untuk memahami bahwa air yang kotor atau tercemar dapat menyebabkan dampak serius bagi kesehatan manusia. Oleh karena itu, penting untuk memasak air dan makanan dengan baik serta mencucinya sebelum dikonsumsi agar dapat mencegah risiko terkena penyakit yang disebabkan oleh air yang tercemar.


5 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page