top of page

Jenis Simbol Daur Ulang dan Jenis Plastik yang Wajib Anda Ketahui

Plastik adalah bahan yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti botol kemasan, pembungkus makanan, kerajinan, peralatan rumah tangga, dan lain-lain. Meskipun memiliki manfaat, plastik juga memiliki dampak negatif, seperti mengganggu hewan yang hidup di dalam tanah dan merusak ekosistem sungai dan laut jika dibuang sembarangan.


Salah satu solusi untuk mengurangi dampak negatif plastik adalah dengan mendaur ulang. Daur ulang adalah proses mengubah bahan bekas menjadi bahan baru untuk mengurangi sampah, penggunaan bahan baku baru, energi, polusi, kerusakan lahan, dan emisi gas rumah kaca.





1. PETE (1)

Plastik tipe ini sebaiknya hanya digunakan sekali pakai karena bahan polimer dan zat karsinogeniknya dapat melarut dalam air hangat, meningkatkan risiko kanker pada organ tubuh manusia.


2. HDPE (2)

Simbol ini menunjukkan plastik yang terbuat dari high-density polyethylene, biasanya digunakan untuk galon air minum, botol shampo, dan kemasan plastik tebal lainnya. Plastik ini relatif aman untuk digunakan berulang kali karena sering didaur ulang dengan ekonomi tinggi dan proses daur ulang yang sederhana.


3. PVC (3)

Produk dari plastik polyvinyl chloride sering disebut "plastik beracun" karena mengandung berbagai bahan kimia beracun yang dapat melarut dan membahayakan kesehatan. Oleh karena itu, sebaiknya hindari penggunaan plastik ini untuk kemasan makanan dan minuman.


4. LDPE (4)

Plastik ini terbuat dari low-density polyethylene yang elastis, tahan lama, dan bisa digunakan berulang kali. Biasanya digunakan untuk kantong plastik (kresek), kantong sampah, tas belanja, dan pembungkus makanan.


5. PP (5)

Simbol ini menandakan plastik yang terbuat dari polypropylene. Plastik dengan simbol ini aman digunakan sebagai wadah makanan atau minuman karena polypropylene sangat kuat dan relatif aman bahkan pada suhu tinggi.


6. PS (6)

Plastik polystyrene ini sering digunakan sebagai tempat makanan styrofoam, wadah telur, sendok/garpu plastik, foam packaging, hingga bahan bangunan. Plastik ini bisa mengeluarkan styrene, zat karsinogen yang dapat menyebabkan kanker.


7. Other (7)

Penggunaan plastik jenis ini untuk makanan atau minuman sangat berbahaya karena dapat menghasilkan racun Bisphenol-A (BPA) yang dapat merusak organ dan mengganggu hormon tubuh. Simbol ini biasanya digunakan pada botol minum bayi, botol minum olahraga, casing smartphone, dan compact disk.


9 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page